Deteksi Pengunjung

IP

Mengganti background foto

Ada beberapa tool pada Adobe Photoshop yang dapat digunakan untuk proses Croping pada sebuah Image, diantaranya menggunakan Polygonal Lasso Tool, Pen Tool, Masking, Erase Tool, dll. Proses Croping yang rapi dan bersih sangatlah menentukan tingkat kerealistisan pada sebuah design akhir, oleh karena itu dapat dikatakan teknik Croping adalah sesuatu yang sangat fundamental dalam belajar Photoshop. Pada tutorial kali ini akan dijelaskan salah satu teknik Croping dengan menggunakan kombinasi antara Polygonal Lasso Tool dan Erase Tool agar menghasilkan gradasi pada sisi luar Image sehingga nampak dalam proses penggabungan selanjutnya terlihat sangat realistis. Di sini kami akan menggunakan Image dalam tutorial sebelumnya sebagai contoh :

Buka Image Croping Project anda seperti contoh di bawah ini :

Duplicate layer dan tambahkan satu layer kosong diantara Image asli dan Image hasil Duplicate seperti contoh di bawah ini :

Selanjutnya aktifkan Paint Bucket Tool dengan menekan (G) seperti contoh di bawah ini :

Selanjutnya Fill layer kosong tersebut dengan warna sesuai dengan pilihan anda seperti contoh di bawah ini :
(Proses Fill Layer ini dimaksudkan untuk mengetahui Image yang belum terhapus dalam proses Croping)

Selanjutnya aktifkan kerja anda pada layer yang akan di Crop (Layer Duplicate) dan aktifkan Polygonal Lasso Tool dengan menekan (L) seperti contoh di bawah ini :

Selanjutnya mainkan Polygonal Lasso Tool dengan memberi jarak kurang lebih 2-3 mm dengan Image yang akan di Crop. Tekan DEL jika proses seleksi telah selesai dan anda akan mendapatkan hasil seperti contoh di bawah ini :

Langkah selanjutnya tekan Ctrl + D kemudian aktifkan Erase Tool dengan cara menekan (E) kemudian atur pemilihan Brush Erase dengan cara klik kanan pada area kerja kemudian pilih Blur Brush (di sini saya menggunakan no. 13 Blur) dan atur besar kecilnya diameter brush dengan shortcut ( [ dan ] ) untuk memperbesar dan memperkecil diameter.

Selanjutnya hapus dengan sabar dan hati-hati (jangan segan untuk mengulangi proses Croping yang salah dengan perintah undo – Ctrl + Alt + Z). Jika sisi luar telah terhapus dengan rapi anda akan mendapatkan hasil seperti contoh di bawah ini :

Pada tahap ini anda dapat mengganti background sesuai dengan keinginan anda. Sebagai contoh di sini saya menggantinya dengan background warna hitam.

FINISH… Selamat Mencoba…

1 comments:

handra asri said...

thanks pelajarannya ,, :-)

Post a Comment

On Facebook

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Elips Computer Info